Jumat, 20 Maret 2009

penemuan

Harta Karun 1000 tahun yang lalu di Kalimantan Barat

March 11, 2009

Halo semuanya! Saya punya berita menarik pada hari ini!
Pada tanggal 7 maret 2009, Saya menemukan sebuah barang antik dan bisa juga disebut Harta karun dan memang barang itu sangat kuno dan Bernilai.
saya mendapatkan barang itu dari halaman rumah saya dimana disaat seorang kuli bangunan yang sedang menyelesaikan sebuah Konstruksi di halaman rumah saya yang luas dan lapang. Saya tinggal di Pedalaman, di negara Indonesia, Tahun 2009 bulan februari saya pindah ke provinsi Kalimantan barat, kecamatan *al***ga, ***itbaru. saya tinggal belum sampai 2 bulan sudah menemukan penemuan yang spektakuler! selama semumur hidup saya ini, saya yang selalu hidup dalam penderitaan permanen baik fisik dan rohani, mungkin inilah saatnya saya diberi kesempatan menikmati kebaikan.

(bukannya sombong, saya mau menceritakan tentang kejadian ini dikarenakan bagi saya ini adalah sesuatu yang langka dan jarang terjadi didunia ini. maka dari itu saya ingin mempaparkan kepada dunia melalui tulisan saya ini.)

Sebelum menemukan harta karun ini, sekitar 2 minggu sebelum penemuan harta karun, “teman dari suaminya bibi saya” yang seorang paranormal pernah berkunjung kerumah saya dan berkata: “wah.. disini tempatnya bagus ini.. benar-benar bagus….”, saya sih ngga mengerti apa yang dia bilang tapi saya juga ga suka dengan paranormal. Eh… beberapa minggu kemudian gw baru sadar kalau mungkin yang dikatakan paranormal yang lalu mungkin adalah harta karun ini. kalau di tanah yang lapang dan Luas begini mungkin saya masih punya kesempatan untuk menggali lagi, siapa tahu ada harta karun yang lain, ga mungkin cuma ada satu saja.

Proses penemuan harta karun itu berawal dari seseorang kuli bangunan yang sedang menggali tanah untuk membuat saluran WC, sampai menggali dengan kedalaman sekitar 4meter. Penemuan harta karun itu ditemukan secara tidak sengaja, dan saat kuli bangunan menemukan harta karun itu sudah dalam keadaan kotor. kuli bangunan memanggil saya dan ayah saya, dan kami kaget dan langsung menuju ke TKP. Yang pertama kali ketemukan adalah sebuah Kotak kayu hitam, dan sudah remuk dan sudah tak bisa dibentuk lagi, saat Kotak itu dibongkar, baru ditemukanlah Sebuah harta karun yang terbuat dari Batu permata Hijau Alias Giok, dan memiliki Ukiran-ukiran Khas Tiongkok yang pastinya harta itu berasal dari orang tionghua. (kebetulan, gw yang temukan juga orang tionghua)
umur harta: 1078 tahun yang lalu
dimensi: 10cm x 14,5cm x 2cm
berat: 600 grams

Sisi belakangnya terdapat gambar ukiran yaitu gambar Dewi Kwan im(Kwan im phu san) dan seekor Naga(dragon). Dari sini kita bisa melihat bahwa memang Barang ini berasal dari si pembuat yang memiliki kepercayaan kepada dewa-dewi polytheisme dan makhluk-makhluk maya, yaitu seperti naga. (mungkin agamanya adalah Taoisme). Dan dari sini juga kita dapat melihat bahwa pada zaman sebelum tahun 1000 SM, sudah ada warga Tiongkok yang menyebar ke Indonesia dikarenakan suatu alasan, dan salah satunya sudah menyebar ke Pulau kalimantan bagian barat. Konon, menurut sumber sejarah dan ensiklopedia, warga tionghua di kalimantan berasal dari satu suku yang sama, yaitu Tionghua Hakka. dan kebanyakan dari mereka Sudah ada beragama Konghuchu dan Taoisme.

Sisi depan-nya terdapat tulisan juga yang mungkin dari pahatan.
1. Dibagian kiri terdapat tulisan “angka-angka tahun(pembuatan)” . tertulis dari atas ke bawah yaitu “satu-empat-delapan-dua-tahun” artinya adalah Tahun 1482 (kalender imlek), sedangkan sekarang kalender imlek sudah pada tahun 2560. jadi, umur Harta karun itu adalah 1078 tahun. Barang ini memang sangat kuno, memang hampir menyeimbangi nilai tuanya dengan harta karun bajak laut orang eropa.
2. Dibagian tengahnya terdapat Tulisan “Ming Chau Fu Kui” yang mungkin dapat diartikan “Dinasty ming berlimpah”. mungkin dapat berarti bahwa benda ini ada hubungannya dengan Dinasty Ming.
3. Disebelah kanannya terdapat tulisan “Chong Miang” yang berarti: “umur panjang”. Konon, setiap barang-barang Tionghua jaman dulu yang terbuat dari Giok, apapun bentuknya, pasti barang itu akan dijadikan semacam benda pembawa selamat atau dikenal dengan nama Jimat. harta karun yang saya temukan ini mungkin adalah sebuah Jimat tapi saya ga tahu apakah memang bisa bawa keselamatan atau tidak, dan saya yakin barang ini dulunya sangat berharga pada dinasty Ming pada zaman harta ini dibuat.

Tafsiran saya-1: “mungkin barang ini adalah milik kaisar Ming, yang pada saat itu terjadi suatu kejadian dan membuat Barang ini harus disembunyikan(karena ditutup dengan Kotak kayu), dan ditinggalkan selama 1078 tahun.”
Tafsiran saya-2: “mungkin barang ini memang akan diberikan kepada kaisar Ming, sebagai ucapan selamat “panjang umur”. karena seorang kaisar/raja/sultan selalu mendapat kata-kata terpuji oleh bawahannya seperti kata “panjang umur tuanku(melayu), wan sui wan man sui(mandarin), Long life!!(inggris)”. Dan barang ini terpaksa di tinggalkan dan disembunyikan hingga 1078 tahun karena suatu peristiwa.”






Tidak ada komentar:

Posting Komentar